Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Kurnia Dewi, Indri
Other Authors: Padmomartono, Sumardjono, Windrawanto, Yustinus
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1811
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya korelasi positif dan signifikan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Total subjek penelitian seluruh kelas VIII sebanyak 214 siswa. Instrumen penelitian skala pola asuh orang tua menggunakan teori Hurlock yang diadaptasi oleh penulis dari Wijayanti (2010) dengan 45 item pernyataan dan instrumen skala motivasi berprestasi menggunakan teori McClelland yang diadaptasi oleh penulis (dalam Dewi 2010). HipÃ3tesis penelitian diuji dengan menggunakan spearman rho. Bedasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi antara pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi sebesar 0.105 dengan signifikansi sebesar 0.127 (p > 0.050) yang berarti menunjukkan adanya hubungan positif yang tidak signifikan. Hal ini diartikan bahwa penerapan pola asuh orang tua tidak berhubungan yang signifikan dengan motivasi berprestasi para siswa sedangkan motivasi berprestasi siswa kelas VIII di SMP Negeri Semarang tahun pelajaran 2011/2012 termasuk dalam kategori sedang.