Analisis Sentimen Tentang Opini Pemilu Presiden 2019 pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Support Vector Machine Analysis

Main Author: Kaitelapatay, Big Greogory
Other Authors: Manongga, Danny, Iriani, Ade
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Magister Sistem Informasi Program Pascasarjana FTI-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/17943
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Prosiding Semnas GEOTIK 2019. ISSN: 2580-8796.
  • Pemilu 2019 akan segera dilaksanakan. Oleh karena itu, banyak cara yang digunakan pihak peserta untuk melakukan strategi kampanye, salah satunya melalui media sosial. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen masyarakat terhadap calon presiden dan wakil presiden Indonesia 2019 yang diungkapkan melalui jejaring sosial Twitter. Ada beberapa tahap untuk melakukan analisis sentimen, diantaranya adalah tahap pengumpulan data, preprocesing data, POS Tagging, ekstrasi opini menggunakan rule based dan klasifikasi opini menggunakan metode Support Vector Machine. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sentimen masyarakat di media sosial terhadap capres dan cawapres Pemilu 2019.
  • The 2019’s Election will be held. So, there’s a lot of ways which is used to do the campaign strategies by presidential candidates. One of the ways is through the Social Media. In this research, will find the Sentiment Analysis from the netizens towards of president and vice president candidate 2019 which is disclosed from social networking twitter. There’s a couple ways to do the Sentiment Analysis, among others are, data preprocessing, POS Tagging, opinion extraction using based rule and opinion classification using Support Vector Mahine’s method. The Purpose of this research is to gain the information about the public’s sentiment about the president and vice president candidate in 2019’s election.