Upaya Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Treffinger Siswa Kelas II SD Tahun Pelajaran 2018/2019
Main Author: | Pramudiyanti, Adellia |
---|---|
Other Authors: | Mawardi, Wardani, Krisma Widi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/17518 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kreativitas dan hasil belajar siswa sehingga proses pembelajaran tidak berlangsung secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 2 dengan menerapkan model treffinger pada pelajaran Tematik semester I SDN 01 Ngablak Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN 01 Ngablak melalui penggunaan model pembelajaran treffinger. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN 01 Ngablak yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada siklus I, hasil pengamatan menunjukkan bahwa kreativitas 75% siswa mencapai kreativitas tinggi, sedangkan 25% siswa berada pada kategori sedang. Pada siklus II, penggunaan model pembelajaran treffinger disertai perbaikan tindakan yang mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa 100% siswa mencapai kreativitas belajar pada kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siklus 1 rata-rata nilai 75,85 pada siklus II meningkat menjadi 89,8. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN 01 Ngablak Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan model pembelajaran treffinger.