Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika

Main Author: Febriliyani, Anggita
Other Authors: Ratu, Novisita
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/17504
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Math Didactic (Jurnal Pendidikan Matematika) Vol. 4 No. 3, September-Desember 2018.
  • Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika. Subjek dalam penelitian ini 3 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ambarawa tahun pelajaran 2018/2019 yaitu FHA sebagai subjek kemampuan tinggi, AK sebagai subjek kemampuan sedang dan WDR sebagai subjek kemampuan rendah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal nomor 1 materi barisan aritmatika semua subjek menggunakan proses berpikir konseptual sedangkan dalam menyelesaikan soal nomor 2 materi deret aritmatika subjek tinggi menggunakan proses berpikir konseptual dan subjek sedang dan rendah menggunakan proses berpikir semikonseptual.
  • this research is a qualitative descriptive which aims to analyze students thinking process in solving arithmetic sequence and series problems. Subject in this research were three grade XII students of SMA Negeri 1 Ambarawa on of academe year 2018/2019 is FHA as a high ability subject, AK as a medium ability subject, and WDR as a low ability subject. Data collecting methods are test, interview, and documentation. The result showed that in solving arithmetic sequence the first number problem all subjects used the conceptual thinking process while the second number arithmetic series problem the high subject used the conceptual thinking process and the medium and low subject used the process of using semiconceptual.