Pengembangan Media Pembelajaran Board Game “The Labyrinth of Trigonometry” pada Materi Trigonometri Kelas X SMA
Main Author: | Putri, Wahyu Ananda |
---|---|
Other Authors: | Yunianta, Tri Nova Hasti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/17472 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Satya Widya Vol. 36 No. 2 edisi Desember 2018.
- Interaksi diperlukan dalam pembelajaran matematika, untuk itu diperlukan suatu wadah untuk membuat siswa saling berinteraksi. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran board game “The Labyrinth of Trigonometri” yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media latihan soal dalam pembelajaran matematika materi trigonometri. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Board game ini telah dinyatakan valid oleh ahli materi dan media dengan persentase 94% dan 86% yang keduanya termasuk dalam kategori sangat baik. Board game diujicobakan pada 35 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ambarawa sehingga menghasilkan indeks kepraktisan sebesar 96% dan masuk dalam kategori sangat baik. Uji wilcoxson menghasilkan signifikan sebesar 0.00 (kurang dari 0.05) dengan rata-rata posttest lebih tinggi daripada pretest. Berdasarkan hasil ketiga uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa media ini valid, praktis, dan efektif.