Manajemen Kurikulum Pendidikan Gereja: Studi Pendidikan Katekisasi Gereja Nehemia Klasis Pulau Ambon

Main Author: Manuputty, Magielta
Other Authors: Lattu, Izak, Buke, Nimali Fidelis
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Teologi FTEO-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/17193
Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam tulisan ini adalah mendiskripsikan dan menganalisa pandangan majelis jemaat dan pengajar mengenai manajemen kurikulum pendidikan ketekisasi yang berada pada Gereja Nehemia Klasis Pulau Ambon. Manajemen kurikulum pada pendidikan katekisasi agar anak-anak katekisasi mampu mengerti dan memehami iman Kristen sehingga mendapatkan hasil yang baik dalam mencapai tingkat pertumbuhan dan kedewasaan dalam iman bagi anak-anak di GPM (Gereja Protestan Maluku). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskripsi kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa fenomena yang terjadi tentang manajemen kurikulum pendidikan Gereja khususnya pada pendidikan katekisasi. Teknik pengumpulan data yang dipakai penulis berbentuk wawancara untuk mendapatkan gambaran mengenai obyek yang akan diteliti. Dijelaskan bahwa wawancara merupakan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dari seseorang yang disebut resopoden melalui suatu percakapan yang sistematis dan terorganisasi. Ini dilakukan agar penulis dapat mengetahui bagaimana pandangan Majelis Jemaat, pengajar dan anak-anak ketekisasi mengenai manajemen kurikulum pendidikan ketekisasi pada Gereja Nehemia Klasis Pulau Ambon. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah dengan adanya manajemen kurikulum yang baik dalam pendidikan ketekisasi mampu membuat anak-anak ketekisasi mengerti dan memahami mengenai iman Kristen sehingga tingkat pertumbuhan dan kedewasaan dalam iman anak-anak ketekisasi dapat dipertanggungjawabkan.