Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inquiri dengan Memanfaatkan Media Gambar pada Siswa Kelas II SD Negeri 11 Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Hayu Enywati, Mardyah
Other Authors: Suroso, Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
IPA
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1708
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah seringnya guru dalam menyajikan materi pelajaran IPA tanpa melibatkan media pembelajaran yang mengakibatkan siswa kurangtertarik dengan proses pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kurang optimal. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang kurang optimal dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai tidak tuntas pada kondisi awal yaitu dengan prosentase sebesar 48%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan inquiri dengan memanfaatkan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II SD Negeri 11 Purwodadi Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 11 Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tertulis untuk memperoleh data hasil belajar IPA dan observasi untuk melihat kinerja guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 72% atau 18 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 88% atau 22 siswa tuntas dari 25 siswa. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil saran bahwa melalui pendekatan inquiri dengan memanfaatkan media gambar akan mendapatkan teori baru tentang peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas II. Sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya. Siswa merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran IPA melalui pendekatan inquiri dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran. Menemukan dan menjadi pengalaman menggunakan media gambar dalam pendekatan inquiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II. Dapat digunakan untuk memotivasi guru, agar dapat memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pendekatan inquiri