Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif Dan Afektif Mapel Matematika Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Ngaringan, Kec. Ngaringan, Kab. Grobogan pada Semester 1/2011-2012

Main Author: Suwarni, Titik
Other Authors: Wahyudi, Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1700
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa kelas IV SDN 2 Ngaringan, yang keaktifan belajar pada mata pelajaran Matematika rendah dan hasil belajar ulangan harian pada semester I tahun pelajaran 2011/2012 rendah. Nilai rata-rata kelas di bawah KKM 63. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah metode demonstrasi, yang pelaksanaannya dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus dilakukan 3x pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Ngaringan tahun 2011/2012 sebanyak 37 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki, dan 15 siswa perempuan. Analisis data menggunakan tehnik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi siklus I dan siklus II. Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika bagi siswa kelas IV semester 1 SDN 2 Ngaringan Kecamatan Ngaringan kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Pada siklus II motivasi belajar terjadi peningkatan sebesar 22%, yaitu dari rata-rata motivasi siklus I 67% menjadi 86% pada siklus II. Ketuntasan belajar terjadi peningkatan sebesar 6,2% yaitu dari ketuntasan belajar siklus I sebesar 81% menjadi 86% pada siklus II. Sedangkan untuk nilai rata-rata nilai ulangan harian terjadi peningkatan sebesar 7% yaitu dari nilai rata-rata nilai ulangan harian siklus I sebesar 77 menjadi 83 pada siklus II. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas IV SDN 2 Ngaringan mengalami peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada standar kompetensi 3. Geometri dan Pengukuran (Menggunakan pengukuran sudut panjang dan berat dalam pemecahan masalah). Kompetensi dasar 3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat dan kompetensi dasar: 3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat.