Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Cooperative Script pada Siswa SD Negeri Sirahan 01 Kelas II Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Markini
Other Authors: Harjono, Nyoto, Winanto, Adi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1697
Daftar Isi:
  • Observasi awal terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri Sirahan 01 Cluwak tahun ajaran 2011/2012 diketahui bahwa hasil belajar masih rendah dan keaktifan siswa dalam pembelajaran belum optimal. Masih banyak siswa yang kurang aktif melibatkan diri dalam pembelajaran. Partisipasi siswa selama proses pembelajaran sebatas mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru dan mencatat materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri Sirahan 01 melalui penerapan metode cooperative script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Sirahan 01 Cluwak yang berjumlah 13 siswa. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar dengan menggunakan metode cooperative script. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa, observasi kinerja guru dan test tertulis. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil belajar dalam pembelajaran meningkat. Peningkatan ini ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 65,5 pada prasiklus menjadi 79,2 pada siklus I, dan 86,9 pada siklus II dan ketuntasan belajar klasikal dari 38,5% pada prasiklus menjadi 61,5% pada siklus I dan 92,3% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar pada materi penyampaian pesan singkat secara lisan pada siswa kelas II SD Negeri Sirahan 01 Cluwak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar pada materi penyampaian pesan singkat secara lisan pada siswa kelas II SD Negeri Sirahan 01 Cluwak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka metode cooperative script dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia.