Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI Ips 3 SMA Kristen Purwodadi Tahun Ajaran 2011/2012
Main Author: | Dirgantoro, Walet |
---|---|
Other Authors: | Danny Soesilo, Tritjahjo, Dwikurnaningsih, Yari |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/1693 |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah desain eksperimen semu (quasi Experimental) dengan desain pre test and post test (Furchan,1982) yang dilaksanakan pada bulan awal Oktober 2011 sampai akhir Desember 2011Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Kristen Purwodadi. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI IPS 3 sebanyak 28 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang berjumlah 14 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 14 siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bibimbingan kelompok efektif dapat meningkatkan kosentrasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Kristen Purwodadi.Teknik pengambilan subyek menggunakan total sampling.Berdasarkan data skala konsentrasi belajar yang dianalisis secara deskriptif terdapat siswa yang masuk pada kategori tinggi sebanyak 1 siswa (3,44%), 7 siswa (24,16%) dalam kategori sedang, 11 siswa (37,92%) pada kategori rendah, dan 10 siswa (34,48%) pada kategori sangat rendah. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala konsentrasi belajar yang diadaptasi berdasarkan teori Nugroho (2007) dengan jumlah 20 item. Skala konsentrasi belajar memiliki nilai reliabilitas α = 0,829 dengan nilai validitas terendah 0,288 dan tertinggi 0,703. Dalam penelitian ini, kelompok eksperimen diberi perlakuan 8 kali bimbingan kelompok. Teknik analisis data yang digunakan adalah Mann Whitney dengan bantuan program SPSS for Window Release 17.0. Dari hasil analisis diperoleh hasil penelitian yaitu ada peningkatan konsentrasi belajar yang signifikan antara post test kelompok eksperimen dan kelompok control yang didukung dengan p = 0,029 ≤0,050 dan mean rank kelompok eksperimen sebesar 17,89 dan mean rank kelompok kontrol sebesar 11,11 dengan selisih 6,78.sehingga bahwa ada peningkatan yang signifikan kosentrasi belajar siswa setelah di berikan layanan bimbingan kelompok