Penerapan Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 SD Inpres 20 Yenanas Kecamatan Batanta Selatan Kabupaten Raja Ampat Tahun Pelajaran2014/2015

Main Author: Dey, Arlince Lorina
Other Authors: Mawardi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16907
Daftar Isi:
  • Tujuan pembelajaran matematika yang diatur pada kurikulum 1975, 1984, 1994, KBK, sampai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada intinya sama. Tujuannya agar peserta didik mampu menggunakan matematika yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mata pelajaran lain yang memanfaatkannya. Melalui belajar matematika diharapkan pada diri peserta didik terbentuk pola fikir yang kritis, logis, kreatif, dan sikap yang konsisten, cermat, obyektif, jujur dan disiplin Selama ini media dan model pembelajaran yang diterapkan belum baik, strategi dan media kurang inovatif, guru masih menggunakan metode yang konvensional yaitu ceramah, hasil ulangan harian khususnya mata pelajaran matematika belum optimal. Bertolak dari masalah tersebut, peneliti berusaha menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan Kartu Domino untuk meningkatkan hasil khususnya Operasi Hitung Perkalian Bilangan Bulat Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 Semester 2 di SD Inpres 20 Yenanas Kecamatan Batanta Selatan Kabupaten Raja Ampat Tahun Pelajaran 2014/2015 sehingga hasil belajar juga dapat meningkat secara optimal sesuai yang diharapkan. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres 20 Yenanas Kecamatan Batanta Selatan Kabupaten Raja Ampat pada siswa Kelas 4 semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini subyeknya adalah seluruh siswa kelas 4 SD Inpres 20 Yenanas sebanyak 10 siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan model pembelajaran TGT dengan menggunakan kartu Domino dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD INPRES 20 Kampung Yenanas Distrik Batanta Selatan Kabupaten Raja Ampat. Kenaikan ini dibuktikan dari hasil nilai rata - rata hasilbelajar meningkat dari pra siklus 5,8 menjadi 6,1 pada Siklus I dan 6,7 pada Siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada kondisi awal 50% meningkat menjadi 70% pada Siklus Idan 80% pada Siklus II. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan bagi guru kelas yang mengajar matematika dapat menerapkan model pembelajaran dengan Kartu Domino dalam pembelajaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tetapi penggunaan model Kartu Domino ini harus disesuaikan dengan waktu dan materi pembelajarannya yang akan datang.