Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pokok Bahasan Gerak Siswa Kelas IV SD YPK Betlehem Amdui Distrik Batanta Selatan Kabupaten Raja Ampat Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Kareth, Nataniel
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16854
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Gerak bagi siswa kelas IVsemester II tahun ajaran 2014/2015 SD YPK Betlehem Amdui Distrik Batanta Selatan Kabupaten Raja Ampat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan MC. Target dengan menggunakan siklus yang langkahnya adalah perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis menggunakan statistic sederhana yang terdiri dari persentase, skor minimal-maksimal, dan rata-rata. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini Nampak ada peningkatan ketuntasan belajar, yakni dari dari nilai rata-rata padasiklus I yaitu 68,75, kemudian meningkat padasiklus II nilai rata-rata kelompok 78,75 dannilai rata-rata individu menjadi 75 peningkatan terjadi sebesar 6,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya bagi siswa kelas IV semester II SD YPK Betlehem Amdui Distrik Distrik Batanta Selatan Kabupaten Raja Ampat tahun ajaran 2014/2015 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.