Pengaruh Permainan Tradisional Telepon Kaleng terhadap Perkembangan Bahasa Percakapan Anak Usia 5 – 6 Tahun di Kelompok B2TK M. Xaverius 78 Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Susilawati
Other Authors: Widiastuti, Ajeng Ayu, Soesilo, Tritjahjo Danny
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16842
Daftar Isi:
  • Dewasa ini permainan tradisional semakin terlupakan oleh generasi muda, padahal dalam permainan tradisional mengandung banyak unsur-unsur edukatif yang dapat mengembangkan aspek perkembangan, termasuk perkembangan bahasa anak usia dini. Di kelompok B2 TK M. Xaverius 78 Salatiga masih belum terlihat pembelajaran yang menggunakan metode permainan tradisional, sehingga peneliti ingin menguji pengaruh permainan tradisional khususnya permainan tradisional telepon kaleng terhadap perkembangan bahasa percakapan anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Posttest only - control group design). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (Uji beda). Berdasarkan hasil posttest, diperoleh nilai mean rank kelompok kontrol sebesar 9,88 sedangkan kelompok eksperimen sebesar 23,12 dan nilai sign sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang singnifikan permainan tradisional telepon kaleng terhadap perkembangan bahasa percakapan anak usia 5-6 tahun di kelompok B2 TK M. Xaverius 78 Salatiga.