Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga
Main Author: | Cahyani, Cindy Aditya |
---|---|
Other Authors: | Sutriyono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16826 |
Daftar Isi:
- Tidak diizinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasikan pada Jurnal JTAM Volume 2, Nomor 1, April 2018.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga dalam mengerjakan soal pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar, serta untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis kesalahan siswa dari instrumen yang diberikan. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII B SMP Kristen 2 Salatiga dengan jumlah subjek yaitu 4 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis kesalahan yang dilakukan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kesalahan ceroboh. Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu kurang teliti dan belum menguasai materi.