Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Krulik dan Rutnick dalam Mengerjakan Soal Olimpiade oleh Siswa SMP
Main Author: | Trimahesti |
---|---|
Other Authors: | Ratu, Novisita |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16824 |
Daftar Isi:
- Tidak diizinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasikan pada Jurnal Pendidikan Karakter Volume I no 1 April 2018.
- Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika dalam mengerjakan soal olimpiade SMP bagi siswa kelas IX SMP N 8 Salatiga. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil tes dan wawancara diketahui semua subjek tidak memenuhi kelima tahap Krulik & Rudnick pada soal nomor 1. Pada langkah awal tahap membaca dan berfikir (read and think) subjek telah melakukan kesalahan dalam memahami soal/masalah. Sedangkan untuk soal nomor 2 hanya 1 subjek yang tidak mampu melewati tahap kelima pada tahap teori Krulik dan Rudnick yaitu refleksi dan pengembangan (reflect and extend).