Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial dan Scaffoldingnya bagi Kelas VII SMP

Main Author: Amini, Sri
Other Authors: Yunianta, Tri Nova Hasti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16821
Daftar Isi:
  • Tidak diizinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasikan pada Jurnal Nabla Dewantara Vol. 3 No. 1, Mei 2018.
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa SMP Kanisius Ampel Kab. Boyolali Tahun ajaran 2018/2019 dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Aritmatika Sosial berdasarkan analisis kesalahan Newman dan diberikan tindakan berupa scaffolding. Subjek penelitian diambil 6 dari 15 siswa kelas VII SMP, terdiri dari kelompok bawah, sedang dan atas masing-masing 2 siswa. Data diperoleh dari hasil tes materi aritmatika sosial dan wawancara. Hasil penelitian yang telah dicapai: (1) subjek penelitian kelompok bawah melakukan kesalahan memahami soal, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir; (2) subjek penelitian kelompok sedang melakukan kesalahan membaca soal, memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir; (3) serta subjek kelompok atas melakukan kesalahan membaca soal, memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Bentuk scaffolding yang diberikan pada kesalahan membaca soal adalah explaining dan reviewing, scaffolding yang diberikan pada kesalahan memahami adalah explaining, reviewing dan restructuring, scaffolding yang diberikan pada kesalahan transformasi adalah explaining dan reviewing, scaffolding yang diberikan pada kesalahan keterampilan proses adalah explaining, reviewing dan restructuring, scaffolding yang diberikan pada kesalahan penulisan jawaban akhir adalah explaining dan reviewing.