Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Alfabet Bergambar di TK Kamulyan Terpadu Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Dinata, Wiria
Other Authors: Soesilo, Tritjahjo Danny, Widiastuti, Ajeng Ayu
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16818
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf di kelompok A TK Kamulyan Terpadu Salatiga. Hal melatarbelakangi permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam menyebut nama huruf, membuat coretan membentuk huruf, menyebutkan huruf awal dari kata, menghubungkan gambar atau benda dengan huruf, membaca gambar yang memilki kata sederhana dan penggunaan metode yang kurang tepat serta tidak optimalnya pemanfaatan media dan alat peraga yang membuat pembelajaran mengenal huruf menjadi kegiatan pembelajaran yang monoton, minim kreatifitas, dan tidak menarik bagi anak, oleh karena itu peneliti mengangkat topik tentang kemampuan mengenal huruf. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan jumlah subjek dalam penelitian ini berjumlah 19 orang yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Indikator yang dinilai dalam penelitian ini adalah 1). Anak mampu meyebutkan nama huruf yang ditunjukkan oleh guru, 2). Anak mampu membuat coretan membentuk huruf, 3). Anak mampu menyebutkan huruf awal dari kata yang ditunjukkan oleh guru, 4). Anak mampu menghubungkan gambar atau benda dengan huruf, 5). Anak mampu membaca gambar yang memiliki makna sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan mengenal huruf di kelompok A TK Kamulyan Terpadu Salatiga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil dari observasi pra tindakan, siklus I dan siklus II. Observasi pra tindakan menunjukkan persentase pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 15,8% dan kriteria Belum Berkembang (BM) sebesar 36,8%. Namun, setelah dilakukan tindakan siklus I pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) meningkat menjadi 52,6% dan pada siklus II menjadi 89,9%. Ini berarti media kartu alfabet bergambar yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak di kelompok A TK Kamulyan Terpadu Salatiga. Sehingga, penelitian ini dapat dikatakan berhasil.