Penggunaan Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun pada TK Kristen 03 Eben Haezer Kota Salatiga
Main Author: | Sutero |
---|---|
Other Authors: | Sumardjono Pm., Wijayaningsih, Lanny |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16817 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa pada anak, kurang dari 50% dari jumlah keseluruhan yakni dari 15 anak. Kondisi demikian menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dalam mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak.Hasil pengamatan menunjukkan bahwa tidak semua guru yang ada, mampu menyampaikan metode bercerita dengan baik, metode cerita di sajikan langsung dari guru tanpa menggunakan alat peraga apapun, sehingga kurang menarik perhatian anak didik dalam memahami isi cerita yang ada, dalam hal ini anak didik seringkali kurang mendapat perhatian dari guru dalam mengungkapkan sebuah perasaan atau idenya, sehingga kemampuan bahasa yang di miliki oleh anak tidak berkembang secara optimal. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan secara kolaboratif, artinya peneliti berkolaborasi atau bekerjasama dengan guru TK Kristen Eben Haezer Salatiga. Guru dan peneliti mendiskusikan permasalahan penelitian dan menentukan rencana tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan pengambilan skor hasil observasi saat proses pembelajaran dan skor penilaian terhadap kemampuan berbahasa anak. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan berbahasa anak. Hal tersebut ditunjukkan pada kondisi sebelum diberikan tindakan, diketahui bahwa kemampuan berbahasa anak pada indikator mendengarkan prosentasenya sebesar 70% dengan kategori cukup, namun setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 86% dengan kriteria baik sekali dan setelah dilanjutkan ke siklus II meningkat menjadi 90% dengan kategori baik sekali. Pada indikator berbicara perolehan prosentase pada kondisi awal sebesar 58% dengan kategori kurang, meningkat menjadi 88% pada siklus I dan 92% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Peningkatan juga terjadi pada indikator membaca dengan kondisi awal sebesar 68% kategori cukup meningkat menjadi 87% kategori baik sekali pada siklus I dan 93% kategori baik sekali pada siklus II. Selanjutnya pada indikator menulis dengan kondisi awal 63% kategori cukup setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 88% kategori baik sekali pada siklus I dan 93% kategori baik sekali pada siklus II.Peningkatkan tersebut telah membuktikan bahwa penerapan metode bercerita berbantuan media kartu bergambar pada penelitian ini mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Kristen 3 Eben Heazer Kota Salatiga.