Pengembangan Media Flashcard pada Materi Pythagoras bagi Siswa Kelas VIII SMP
Main Author: | Wijayanto, Rendy |
---|---|
Other Authors: | Sutriyono |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16810 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Pendidikan Berkarakter Volume I, Nomor 1, April 2018.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media flashcard valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Salatiga sebanyak 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flashcard valid dengan nilai validitas materi sebesar 90.00% (sangat baik) dan validitas tampilan sebesar 84.74% (sangat baik) serta praktis dengan nilai kepraktisan sebesar 81.54% (baik). Selain itu, flashcard juga dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0.66 yang termasuk kategori peningkatan sedang dan mendapat respons positif dari siswa sehingga flashcard efektif digunakan dalam pembelajaran.