Pengembangan Media Flashcard pada Materi Pythagoras bagi Siswa Kelas VIII SMP

Main Author: Wijayanto, Rendy
Other Authors: Sutriyono
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16810
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Pendidikan Berkarakter Volume I, Nomor 1, April 2018.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media flashcard valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Salatiga sebanyak 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flashcard valid dengan nilai validitas materi sebesar 90.00% (sangat baik) dan validitas tampilan sebesar 84.74% (sangat baik) serta praktis dengan nilai kepraktisan sebesar 81.54% (baik). Selain itu, flashcard juga dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0.66 yang termasuk kategori peningkatan sedang dan mendapat respons positif dari siswa sehingga flashcard efektif digunakan dalam pembelajaran.