Deskripsi Proses Berpikir Siswa Kelas VIII SMP pada Soal PISA Literasi Matematika

Main Author: Dewi, Theresia Kartika Candra
Other Authors: Mampouw, Helti Lygia
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16805
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Sains dan Teknologi (Justek) Vol. 1 No. 1 April 2018.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas VIII SMP pada soal PISA literasi matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dibantu lembar tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Data yang dianalisis adalah proses berpikir siswa baik pada langkah pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan pembentukan kesimpulan. Subjek terpilih adalah tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal nomer 1, 2, dan 3, ketiga subjek mampu menunjukkan langkah proses berpikir baik pada langkah pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan pembentukan kesimpulan. Pada soal nomer 4 subjek INA dan subjek PSP menunjukkan ketiga langkah proses berpikir, sementara subjek IFP mengalami kesulitan pada langkah pembentukan pendapat dan pembentukan kesimpulan.