Pengembangan Media Komik Matematika pada Materi Pecahan untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Main Author: | Prihanto, S. Dhita Agoes |
---|---|
Other Authors: | Yunianta, Tri Nova Hasti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16796 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah dipublikasi di Jurnal Maju Vol. 5 No. 1 Maret 2018.
- Komik adalah salah satu media komunikasi yang cukup digemari. Komik dapat dimanfaatkan pada bidang pendidikan. Dalam penelitian kali ini dikembangkan media berupa komik matematika untuk kelas V SD pada materi Pecahan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analys, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan menggunakan subjek semua siswa kelas V SD Negeri Noborejo 2 sebanyak 24 siswa. Instrumen pada penelitian ini diantaranya lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar pendapat serta soal tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian ini menunjukkan komik matematika valid dengan nilai validitas materi sebesar 82,5% termasuk pada kategori baik dan validitas tampilan sebesar 83,4% termasuk pada kategori baik serta praktis dengan nilai kepraktisan sebesar 87,2% termasuk pada kategori sangat baik. Selain itu, komik mampu meningkatkan hasil belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0,89 termasuk pada peningkatan tinggi dan mendapat respons positif dari siswa sehingga komik matematika efektif dipakai dalam pembelajaran.