Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar
Main Author: | Sujarwo, Eko |
---|---|
Other Authors: | Yunianta, Tri Nova Hasti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16793 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
- Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal luas bangun datar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII MTs Negeri Salatiga tahun ajaran 2017/2018 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Subjek dipilih melalui pertimbangan dari guru dan berdasarkan kriteria berkemampuan matematika tinggi, sudah mempelajari materi luas bangun datar secara formal, dapat berkomunikasi dengan baik, dan bersedia terlibat dalam penelitian. Hasil analisis tes tertulis dan wawancara menunjukkan bahwa 2 subjek mampu memenuhi ketiga aspek berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, dan keaslian sehingga kemampuan berpikir kreatifnya berada pada tingkat ke-4 (Sangat Kreatif), sedangkan satu subjek lain hanya dapat memenuhi dua aspek berpikir kreatif yaitu kelancaran dan keluwesan sehingga kemampuan berpikir kreatifnya masuk pada tingkat ke-3 (Kreatif). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang berada pada jenjang pendidikan dan kemampuan akademik yang sama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang kemampuan berpikir kreatif siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sehingga guru dapat merencanakan dan memberikan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.