Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Media Kartu Huruf Bergambar pada Siswa Kelompok A di TK Sinar Nyata Salatiga Tahun Pelajaran 2014 / 2015
Main Author: | Rapih |
---|---|
Other Authors: | Windrawanto, Yustinus, Sumardjono Pm. |
Format: | Thesis application/pdf |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16759 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelompok A TK Sinar Nyata Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf bergambar di TK Sinar Nyata Salatiga. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan , pelaksanaan tindakan pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan indikator mengenal huruf sesuai simbol, menyebut huruf vokal, menyebut huruf konsonan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data mengenal huruf anak dalam proses pembelajaran dikelas. Peningkatan pemahaman belajar siswa terjadi secara bertahap, pada tahap prasiklus anak yang memperoleh kategori baik (B) 3 anak sebesar (20%), setelah diadakan tindakan siklus I anak yang sudah mendapatkan katergori baik (B) sebanyak 8 anak atau sebesar (53%) dan meningkat pada siklus II sebanyak 13 anak atau sebesar (87%) sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil, terbukti pada siklus II mencapai 87% > 80 % dari indikator keberhasilan.Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kartu huruf bergambar terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak dikelompok A TK Sinar Nyata Salatiga.