Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran pada Anak Kelompok A1 di TK Sinar Nyata Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Harianti, Palentina
Other Authors: Sumardjono Pm., Setyorini
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16757
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A1 TK Sinar Nyata Salatiga, melalui kegiatan bermain peran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan jumlah subjek dalam penelitian ini adalah terdiri dari 8 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Indikator dalam penelitian ini adalah 1) Mengulang kalimat sederhana, 2) Menjawab pertanyaan sederhana, 3) Menyebutkan kata sifat (baik hati, berani, pelit, nakal), 4) Menyebutkan bermacam-macam kata benda yang ada dilingkungan sekitar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil observasi sebelum tindakan menujukkan kemampuan berbicara anak pada kriteria baik yaitu 20%. Pada siklus I kemampuan berbicara anak yang berada pada kategori baik sebanyak 53% dan siklus II sebanyak 86%. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil, terbukti pada siklus II 86% dari jumlah subjek sebanyak 15 siswa memiliki kemampuan berbicara pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelompok A1 TK Sinar Nyata Salatiga.