Peningkatan Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Metode Bercerita dengan Buku Cerita Bergambar di Kelompok A TK Dharma Wanita Desa Jagong Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Farohatin, Anis |
---|---|
Other Authors: | Soesilo, Tritjahjo Danny |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16718 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam komunikasi melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar di kelompok A TK Dharma Wanita Desa Jagong. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 17 anak, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak prempuan. Aspek yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi anak. Indikator dalam penelitian ini adalah 1) Menjawab pertanyaan sederhana; 2) Menceritakan kembali cerita/dongeng yang telah didengar; 3) Memahami cerita yang dibacakan. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang membandingkan hasil amatan setiap indikator pencapaian setiap siklus. Penelitian ini ada 2 siklus, yang setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi anak di kelompok A TK Dharma Wanita Desa Jagong melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar. Hasil observasi sebelum tindakan sampai dengan siklus II yaitu sebelum tindakan memperoleh prosentase 17,65%, siklus I memperoleh prosentase 64,71%, dan siklus II memperoleh prosentase 82,35%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar telah meningkatkan kemampuan komunikasi anak kelompok A di TK Dharma Wanita Desa Jagong.