Peningkatan Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Metode Bercerita dengan Buku Cerita Bergambar di Kelompok A TK Dharma Wanita Desa Jagong Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Farohatin, Anis
Other Authors: Soesilo, Tritjahjo Danny
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP-UKSW , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16718
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam komunikasi melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar di kelompok A TK Dharma Wanita Desa Jagong. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 17 anak, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 9 anak prempuan. Aspek yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi anak. Indikator dalam penelitian ini adalah 1) Menjawab pertanyaan sederhana; 2) Menceritakan kembali cerita/dongeng yang telah didengar; 3) Memahami cerita yang dibacakan. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang membandingkan hasil amatan setiap indikator pencapaian setiap siklus. Penelitian ini ada 2 siklus, yang setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi anak di kelompok A TK Dharma Wanita Desa Jagong melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar. Hasil observasi sebelum tindakan sampai dengan siklus II yaitu sebelum tindakan memperoleh prosentase 17,65%, siklus I memperoleh prosentase 64,71%, dan siklus II memperoleh prosentase 82,35%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar telah meningkatkan kemampuan komunikasi anak kelompok A di TK Dharma Wanita Desa Jagong.