Meningkatkan Kreativitas Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Peta Konsep Tipe Network Tree pada Mata Pelajaran PKn Kelas 3 SDN Kupang 03 Ambarawa Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Arista, Katarina Puty
Other Authors: Anugraheni, Indri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16544
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN Kupang 03 Kec. Ambarawa Kab. Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif peta konsep tipe network tree pada pelajaran PKn dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 37 orang siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya dengan observasi terhadap kreativitas belajar siswa dan kegiatan mengajar guru. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif peta konsep tipe network tree yang dapat meningkatkan kreativitas belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah : mempelajari sumber, menentukan konsep, mengurutkan konsep, menyusun konsep, menghubungkan konsep dengan kriteria penilaian kretavitas siswa : (proposisi) ketepatan membuat konsep, (hirarki) ketepatan dalam membuat konsep dari umum ke khusus, (contoh) kemampuan siswa menyebutkan contoh, (cross link) kemampuan siswa membuat gambar garis yang unik. (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif peta konsep tipe network tree dapat meningkatkan kreativitas belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas 3 SDN Kupang 03 Kecamatan Ambarawa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya kreativitas siswa pada kondisi awal siswa yang dinyatakan kreatif hanya sebanyak 27%. Pada siklus I kreativitas siswa mengalami peningkatan yakni : siswa kreatif sebanyak 32%. Dan pada siklus II presentase kreativitas belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan presentase yang ingin dicapai pada tingkat kreativitas belajar siswa, yaitu 100% siswa dinyatakan kreatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif peta konsep tipe network tree pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi sumpah pemuda dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa.