Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 1 Getasan

Main Author: Vitasari, Florentina Dian Ika
Other Authors: Sutriyono
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16505
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah publikasi di Jurnal Mitra Pendidikan Online (e-JMP) Vol. 2 (1) dan terbit bulan Januari 2018 ISSN: 2550-0481.
  • Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Getasan dengan pelaksanaan 1 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Proses pengumpulan data meliputi tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Keaktifan siswa dihitung dengan menggunakan lembar keaktifan siswa yang dilakukan oleh 2 observer. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil Pra Siklus dan Siklus I yang sudah dilakukan. Dalam Pra Siklus, hasil tes tertulis menunjukkan 10 siswa atau 42,8% siswa mencapai KKM, sedangkan dalam Siklus I dapat ditunjukkan 27 siswa atau 77,1% siswa mencapai ketuntasan. Pada persentase keaktifan siswa di Pra Siklus menunjukkan keaktifan siswa 54,2% menjadi 81,7%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berhasil untuk meningkatkan tingkat ketuntasan dan tingkat keaktifan siswa.