Penerapan Metode Probing-Prompting untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keaktifan Belajar Siswa Materi Tekanan Udara SMP Kelas VIII

Main Author: Mariyam, Warsini
Other Authors: Sudarmi, Marmi, Rondonuwu, Ferdy Semuel
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika FSM-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16500
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena telah diseminarkan Paralel Pekan Ilmiah Fisika (PIF) XXVIII Tingkat Nasional Tahun 2017 dan diterbitkan di Prosiding ber-ISBN (fisika.unnes.ac.id/himafisika/pif).
  • Metode pembelajaran berperan penting dalam proses belajar siswa di kelas. Metode pembelajaran yang sesuai akan mendorong siswa berfikir dan aktif terlibat secara kognitif dan fisik sehingga membantu internalisasi konsep-konsep abstrak atau kompleks seperti dalam bidang fisika. Pembelajaran yang mendorong siswa berfikir kritis, produktif dan aktif perlu direncanakan dan dilaksanakan dengan persiapan yang baik. Salah satu metode pembelajaran yang memanfaatkan serangkaian pertanyaan dalam rangka mengaktifkan pikiran siswa selama proses pembelajaran adalah probing-prompting. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode probing-prompting dalam pembelajaran konsep tekanan pada siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VIII.Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu dirancang dan didiskusikan bersama guru sebelum dilanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran oleh guru sendiri.Pelaksanaan pembelajaran dimonitor dengan lembar observasi sedangkan respons siswa diamati melalui lembar evaluasi dan lembar kuisoner. Hasil observasi, evaluasi, dan kuisoner mengindikasikan bahwa metode probing-prompting mampu mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran dan berhasil merancang proses berfikir siswa dalam memahami konsep tekanan udara.