Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Power Point pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Kristen Satya Wacana Salatiga Semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Talimba, Melky
Other Authors: Widiarto, Tri
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16497
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Power Point Pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Kristen Satya Wacana Salatiga Semester 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Model Pembelajaran TGT merupakan model pembelajaran kooperatif dengan membentuk kelompok-kelompok kecil di dalam kelas dan di inti dari model ini adanya games dan tournament akademik. Rancangan penelitian menggunakan dua siklus dimana kedua siklus dilengkapi dengan perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan dalam pembelajaran, mengobservasi tindakan, dan merefleksi tindakan. Hasil refleksi digunakan untuk mengambil tindakan. Hasil penelitian ini, adalah rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus 70 meningkat pada siklus I mencapai 77, pada siklus II meningkat menjadi 81. Persentase ketuntasan belajar pada pra siklus 37, 50 % naik menjadi 87,50% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Bahasa SMA Kristen Satya Wacana dalam pembelajaran Sejarah.
  • This research aims to know the improvement of the students' result on learning history by using learning model of Teams Games Tournament (Tgt) assisting by Power Point on the first semester of tenth students oF SMA Kristen Satya Wacana in the academic year of 2017/2018. TGT's learning model is the cooperative learning model by forming small groups in the classroom and the core of this model is on the games and academic tournament. This research need two cycles whiches contain of planning, implementation, observation during the implementations, and reflection. The result of reflection is used to take action. The result of this research were the average of the students result on pre-test improved in the cycle 1 from 70 to 77, in the cycle 2 was improved to 81. The passing grade of the pre-test of cycle 1 was improved from 37.50% to 87.50% and in the cycle 2 was 37.50% to 100%.Learning Model of Teams Games Tournament (TGT) assisting by Power Point was improved the students result on learning history especially for the tenth grade students of Language Program of SMA Kristen Satyawacana in the academic year of 2017/2018.