Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Berdasarkan Stake Countenance Model Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga
Main Author: | Damayanti, Wida |
---|---|
Other Authors: | Sulasmono, Bambang Suteng, Wasitohadi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16470 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) Antecedents (tahapan masukan) Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga, (2) Transactions (tahapan proses) dan kendala-kendala yang dihadapi Program PKL di jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga, (3) Outcomes (tahapan dampak) Program PKL di jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga. Jenis penelitian adalah penelitian evaluatif dengan model Stake Countenance. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam analisis data dalam penelitian ini meliputi: koleksi data, reduksi data, display data dan verifikasi. Validasi data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada evaluasi komponen masukan, terdapat 4 sub komponen masukan yang dinilai belum siap, 2 sub komponen sudah siap sesuai standar dan 1 sub komponen yang dinilai relatif siap sesuai standar. Masing-masing sub komponen saling mempengaruhi dan menyesuaikan dalam penyelenggaraan Program PKL (2) pada evaluasi komponen transaksi, Program PKL jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga telah berjalan sesuai juknis dari pemerintah hanya saja pada aspek pengelolaan PKL kurang maksimal, 4 sub komponen belum menunjukkan kinerja yang diharapkan sehingga pelaksanaan Program PKL di jurusan akuntansi kurang maksimal. Adapun kendala-kendala dalam penyelenggaraan Program PKL jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Salatiga antara lain: belum adanya sistem perencanaan manajemen PKL yang baik, pengelolaan PKL yang masih bersifat konvensional dan belum adanya evaluasi kerja dalam penyelenggaraan PKL, 3) pada evaluasi komponen dampak, dampak program cenderung ke aspek afektif (attitude kerja) dan kurang berpengaruh untuk aspek kognitif-psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan supaya program terus dilanjutkan karena merupakan program wajib bagi SMK, dengan perbaikan sistem perencanaan manajemen PKL.
- The purpose of this research are to evaluate: (1) Antecedents (input stage), (2) Transactions (process stage) and the constraints faced, and (3) Outcomes (impact stage) of the field work practice program in accounting class at SMK Negeri 1 Salatiga. This research is evaluative research using Stake Countenance model. Using data collection techniques interviews, observation and study of documentation. Several stages are done in data analysis in this research include: data collection, data display, data reduction and verification. Data validation using triangulation. The results showed that (1) on the input stage, there are 4 sub components are not yet standard, 2 sub components are already standard, and 1 sub components of the appropriate standard. Each of these components influence each other in implementing and adjusting the field work practice program (2) on the process stage, the field work practice program in accounting class at SMK Negeri 1 Salatiga has been going according to the directions from Government. However, in the management aspects of field work practice is less maximum, 4 sub components has not shown the expected performance so that the implementation becomes less maximum. The constraints are there is no good management planning system yet, the management of field work practice program are still conventional and there is no evaluation work in it, 3) on the impact stage, the impact of program tend to be in the aspects of affective (attitude) and less influential to the cognitive aspect. Based on the results of this research, it is recommended to continue the program because it is a mandatory program for SMK, with the improvements in the system of planning management of field work practice program.