Analisis Penerimaan Mahasiswa terhadap Tes Online dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM): Studi Kasus Universitas Kristen Satya Wacana

Main Author: Kumang, Nila Oktaviana
Other Authors: Setiyanti, Angela Atik
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16427
Daftar Isi:
  • Penggunaan tes online sebagai sarana evaluasi pembelajaran seharusnya dapat membantu dan memudahkan mahasiswa dalam pengerjaan soal, menumbuhkan sikap mandiri mahasiswa, menghemat waktu dan tenaga serta mempermudah dosen (tenaga pengajar) dalam mengoreksi soal. Namun, penerimaan mahasiswa terhadap hal ini dapat beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana terhadap tes online. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengetahui penerimaan mahasiswa terhadap tes online. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana dapat menerima adanya penggunaan evaluasi pembelajaran berbasis tes online dengan presentase sebesar 75% dalam kategori baik. Persepsi Kemudahan Penggunaan (PEOU) mempengaruhi Persepsi Manfaat Yang Dirasakan (PU) dalam penggunaan tes online, Persepsi Manfaat Yang Dirasakan (PU) mempengaruhi Persepsi sikap terhadap penggunaan teknologi (ATU), Persepsi Kemudahan Penggunaan (PEOU) mempengaruhi Persepsi sikap terhadap penggunaan teknologi (ATU) yaitu penggunaan tes online.
  • The use of online test as a means of learning evaluation should be able to help and facilitate the students in answers on the questions, grow student self-stance, save time and energy and facilitate lecturers in correcting the answers. However, student acceptance of this may heterogeneous. This study aims to find out how the acceptance of Satya Wacana Christian University students about online test. The results of the research show Satya Wacana Christian University students can accept the use of online test based learning evaluation with a percentage of 75% in good category. The perceived ease of use (PEOU) affects of perceived usefulness (PU) in the use of online test, the Perceived usefulness (PU) affect the attitude towards the use (ATU) online test, and perceived ease of use (PEOU) affects the attitude towards the use (ATU) of online test.