Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Model Make A Match Berbantuan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tanduk Kabupaten Boyolali Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Ningrum, Fetria Aprilia |
---|---|
Other Authors: | Setyaningtyas, Eunice Widyanti |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16389 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian PTK ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanduk Kabupaten Boyolali semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Penerapan model Make A Match berbantuan media gambar pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 1 Tanduk Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali materi tentang “ Sumber Daya Alam dan Teknologi” mengalami peningkatan hasil belajar IPA yang diperoleh siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari pra siklus nilai ulangan harian IPA, siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM 65) sebanyak 9 siswa dengan persentase 45%, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 11 siswa dengan persentase 55%. Pada siklus I perolehan nilai siswa yang mencapai KKM sebanyak 13 siswa dengan persentase 65%, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 7 siswa dengan persentase 35%. Sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 siswa dengan persentase 95% dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 1 siswa dengan persentase 5%. Saran yang diberikan untuk guru adalah guru lebih memperdalam RPP, tidak melupakan penyampaian tujuan pembelajaran, guru perlu persiapan dari rumah, diperlukan bimbingan guru untuk melakukan make a match.