Upaya Peningkatan Sikap Belajar IPS Melalui Pendekatan Pembelajaran Scientific Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan Semester 2 Tahun Pelajaran 2014 /2015
Main Author: | Haryani, Reni |
---|---|
Other Authors: | Wardani, Naniek Sulistya |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16265 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan sikap belajar IPS dapat diupayakan melalui pendekatan pembelajaran scientific siswa kelas 5 SD Negeri 5 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model spiral yang dikemukakan oleh C.Kemmis dan Mc. Taggart. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Masing-masing siklus didesain dengan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 5 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi sikap belajar IPS. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif yaitu teknik analisis untuk membandingkan jumlah siswa yang memiliki sikap belajar IPS tinggi antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peningkatan sikap belajar IPS dapat diupayakan melalui pendekatan pembelajaran scientific siswa kelas 5 SD Negeri 5 Ngraji Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 terbukti. Peningkatan sikap belajar IPS ditunjukkan adanya perbandingan jumlah siswa yang memiliki sikap belajar IPS tinggi antara siklus I dan siklus II yaitu 15:24. Penelitian ini dinyatakan berhasil yang ditunjukkan oleh 50% ≥ 40% dari seluruh siswa memiliki sikap belajar IPS tinggi pada siklus I, dan 75 ≥75% dari seluruh siswa memiliki sikap belajar IPS tinggi pada siklus 2, sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan. Saran yang diberikan kepada guru adalah guru diharap dapat mendesain pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan pembelajaran scientific di kelas 5, untuk meningkatkan keterampilan dalam mengajar serta sikap siswa dalam pembelajaran.