Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SDN 2 Gunung Tumpeng Kabupaten Grobogan Semester II Tahun 2014/2015

Main Author: Nurdiana, Novita Dyah
Other Authors: Sumiyarso
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16258
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan inkuiri dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Gunungtumpeng Kabupaten Grobogan Semester II Tahun 2014/2015.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model spiral dari C. Kemmis dan Mc.Taggart melalui 2 siklus. Dalam setiap siklus memiliki 3 tahap yakni perencanaan tindakan, implementasi dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil penelitian antarsiklus disertai deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri dengan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar. Dibuktikan terjadinya peningkatan skor rata-rata, skor minimal, skor maksimal dan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada pra siklus skor rata-rata sebesar 63,11, pada siklus I meningkat menjadi 73,39 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,69. Adapun skor minimal pada pra siklus adalah 40, pada siklus I meningkat menjadi 55 dan pada siklus II meningkat menjadi 65. Sedangkan skor maksimal pada pra siklus sebesar 75, pada siklus I meningkat menjadi 95 dan pada siklus II meningkat menjadi 98. Dengan KKM 70 pada pra siklus ketuntasan sebesar 22,22%, pada siklus I meningkat menjadi 61,11% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,89%.