Upaya Peningkatan Minat Belajar IPS Melalui Pendekatan Project Based Learning Siswa Kelas 4 SDN Sidorejo Lor 07 Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Prabaningrum, Rintan Sari
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
IPS
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16220
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan minat belajar IPS dapat diupayakan melalui pendekatan Project Based Learning siswa kelas 4 SD N Sidorejo Lor 07 Kota Salatiga semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model spiral, yang dikemukakan Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Prosedur penelitian sebanyak dua siklus. Setiap siklus memiliki tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah pendekatan Project Based Learning dan minat belajar IPS. Subyek penelitian siswa sebanyak 43 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket minat belajar IPS, dengan instrumen penelitian berupa butir pernyataan minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yang digunakan untuk membandingkan minat belajar IPS antara siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar IPS melalui pendekatan project based learning siswa kelas 4 SDN Sidorejo Lor 07 Kota Salatiga semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 terbukti. Hal ini ditunjukkan melalui perbandingan minat belajar IPS tinggi siklus 1 dan siklus 2 adalah 68% : 81%. Perbandingan minat belajar IPS sedang antara siklus 1 dan siklus 2 adalah 23% : 19%. Perbandingan minat belajar IPS rendah siklus 1 dan siklus 2 adalah 9% : 0%. Penelitian ini dikatakan berhasil yang ditunjukkan oleh 81% dari seluruh siswa lebih tinggi dari 80% yang ditetapkan dalam indikator keberhasilan penelitian mencapai skor minat belajar IPS tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru berkomitmen untuk mendesain pembelajaran IPS dengan menggunakan project based learning, sehingga guru dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa.