Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Karanggeneng I Kec. Kunduran Kab. Blora Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Sanjaya, Novi Indah
Other Authors: Sanoto, Herry
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16091
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPA dengan pokok bahasan energi panas dan energi bunyi pada siswa kelas IV SDN Karanggeneng I Kec. Kunduran Kab. Blora Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini kelas IV A sebagai kelas eksperimen (menggunakan treatment model pembelajaran think pair share (TPS)) dan kelas IV B sebagai kelas kontrol (tanpa menggunakan treatment model pembelajaran think pair share (TPS)). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN Karanggeneng I Kec. Kunduran Kab. Blora Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 60 siswa. Analisis perbedaan menggunakan analisis uji-t dengan bantuan program penghitungan statistik SPSS 21,0 for Windows. Uji t ini digunakan untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Karanggeneng 1 Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji beda rata-rata Independent Sample T Test nilai posttest yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (5.064 < 2,002) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,4 sedangkan kelas kontrol 61,0667.