Efektivitas Penggunaan Quantum Teaching dalam Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Todanan 01 Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Semester II Tahun 2014/2015

Main Author: VikaSari, Asri Yuni
Other Authors: Slameto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16090
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang biasanya diterapkan di pendidikan Sekolah Dasar adalah pembelajaran konvensional, dengan pencapaian hasil belajar siswa maka dilakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan quantum teaching dengan pembelajaran konvensional dalam pencapaian hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Todanan 01 Kecamatan Todanan Kabupaten Blora tahun 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Todanan 01 Kecamatan Todanan Kabupaten Blora dengan jumlah 56 siswa, dengan menggolongkan dua kelompok yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis hasil belajar IPA menggunakan bantuan program perhitungan statistik SPSS 22,0 for windows, analisis data menggunakan analisis Independent Samples T-Test dengan uji normalitas dan uji homogentitas sebagai prasyarat dalam mengukur efektivitas penggunaan quantum teaching terhadap hasil belajar IPA. Dari hasiluji t diperoleh t hitung sebesar 3,359 dan Sig 0,001. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t hitunglebihbesardaripada t tabel (3,359 > 2,004) dan signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) maka Ho ditolak H1diterima. Perbedaan pengaruh ini dilihat nilai rata-rata dari kedua kelas yaitu kelas eksperimen dankelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen adalah 80,79, sedangkan kelas control adalah 71,69. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan quantum teaching dengan pembelajaran konvensional dalam hasil belajar IPA. Pendidik diharapkan mempersiapkan perangkat pembelajaran dan memilih desain pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, terutama dengan menerapkan dan mengembangkan pembelajaran quantum teaching dalam menyampaikan materi dan media pembelajaran kepada siswa sehingga dapat meminimalkan kesulitan siswa dalam belajar.