Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong Kabupaten Blora Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Virgiana, Adhini |
---|---|
Other Authors: | Wasitohadi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16087 |
Daftar Isi:
- Latar belakang dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran IPA guru menggunakan model pembelajaran think pair share berbantu media visual yang belum dioptimalkan, seperti guru memberikan permasalahan terkait materi pelajaran tetapi guru tidak membahas secara rinci jawaban atas permasalahan yang telah diberikan. Dalam kegiatan pembelajaran, siswa terlihat pasif dan menggantungkan jawaban pada pasangan dan jumlah pasangan yang terlalu banyak membutuhkan perhatian khusus oleh guru. Terlihat dalam menggunakan model pembelajaran think pair share menyebabkan pembelajaran kurang efektif, sehingga peneliti ingin melakukan penelitian menggunakan model problem based learning yang sama-sama menekankan permasalahan dalam pembelajaran IPA serta permasalahan tersebut dapat disajikan melalui media audio visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat efektivitas antara model problem based learning berbantu media audio visual dengan model pembelajaran think pair share berbantu media visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong Kabupaten Blora semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 1 Gadu dan siswa kelas 5 SDN 2 Gagakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, statistik parametrik, dan uji t dengan independent sample t-tes pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat efektivitas antara model problem based learning berbantu media audio visual dengan model pembelajaran think pair share berbantu media visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN 1 Gadu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora semester 2 tahun 2014/2015. Terbukti hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t-test sebesar 3,603 > 1,999 dan signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Perbedaan rata-rata kelas eksperimen > rata-rata kelas kontrol yaitu 87,0588 > 80,2000.