Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Blotongan 01 Salatiga Tahun 2014/2015
Main Author: | Harmawati, Lisa Putri |
---|---|
Other Authors: | Winanto, Adi, Sunardi |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16083 |
Daftar Isi:
- Secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan di kelas IV SDN Blotongan 01 Salatiga masih bersifat konvensional karena didominasi oleh ceramah-ceramah dari guru yang seharusnya IPA lebih menekankan pada pembelajaran mencari tahu dan berbuat sehingga dalam pembelajaran IPA terasa monoton, kurang menarik, siswa kurang aktif, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) hanya menggunakan metode ceramah dan penggunaan alat peraga kurang optimal. Oleh karena itu peneliti melakukan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah: apakah peningkatan hasil belajar IPA dapat diupayakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SDN Blotongan 01 Salatiga semester 2 tahun 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Blotongan 01 Salatiga Tahun 2014/2015, dengan jumlah siswa 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan (planning), tindakan dan pengamatan (acting & scrutiny) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahawa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Blotongan 01 Salatiga. Hal itu terlihat dari data hasil belajar siswa prasiklus dengan nilai rata-rata 59 dan persentase ketuntasan belajar 24 % kemudian meningkat pada hasil tes siklus I dengan nilai rata-rata 90 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 95 %. Siklus II rata-rata nilai tes meningkat menjadi 94 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100 %. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sebagai solusi yang efektif karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Blotongan 01 Salatiga. Disarankan dapat bermanfaat sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru khususnya mata pelajaran IPA bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.