Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester II SD Negeri Munding Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Utami, Resty Woro |
---|---|
Other Authors: | Khristina R.S., Deasy |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16074 |
Daftar Isi:
- Latar belakang dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran IPA guru masih menggunakan pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran berlangsung, guru menjadi pusat pembelajaran. Artinya hanya guru yang berperan dalam proses pembelajaran tersebut. Guru menyampaikan materi dengan ceramah, guru tidak memperhatikan siswanya dalam memahami materi yang disampaikan. Terlihat dalam menggunakan pembelajaran konvensional menyebabkan siswa kurang berminat untuk mempelajari materi yang disajikan, sehingga peneliti ingin melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media dalam pembelajaran IPA.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Semester II SD Negeri Munding Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Munding sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri Bergas Lor 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, statistik parametrik, dan uji t dengan independent sample t-tes pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil perhitungan penelitian ini didapat dari hasil uji t-test diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 3,014 > 2,005746 dan hasil signifikansi 0,004 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Semester II SD Negeri Munding Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.Perbedaan pengaruh ini dilihat dari perbedaan rata-rata kedua kelas, terlihat pada group statistic rata-rata (mean) untuk kelas eksperimen adalah 81,1667 dan untuk kelas kontrol adalah 71,8, artinya bahwa rata-rata skor hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata skor hasil belajar kelas kontrol.