Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas 4 SDN Plumbon 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun 2014/2015

Main Author: Muryani, Sri
Other Authors: Susiyanto
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16065
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di SDN Plumbon 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Semester 2 Tahun 2014/2015 melalui penerapan metode pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang melalui tahap perencanaan, implementasi tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklusnya. Ada tiga pertemuan dalam satu siklus dengan menerapkan langkah-langkah pembelajaran picture and picture. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN Plumbon 01 yang berjumlah 19 anak, terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar angket motivasi, dan butir soal tes tertulis. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan yang dicapai peserta didik pada siklus I dan siklusII. Pada siklus I, sebanyak 17 peserta didik telah mencapai KKM dan 2 peserta didik belum mencapai KKM (62) dengan rata-rata 61,5. 5 orang peserta didik memiliki motivasi belajar IPA sangat rendah, 8 peserta didik motivasi belajarnya tinggi, dan 6 peserta didik memiliki motivasi 1elajar sangat tinggi. Pada siklus II, 18 peserta didik telah mencapai KKM dan 2 peserta didik belum mencapai KKM dengan rata-rata 78,4. 8 peserta didik memiliki motivasi belajar IPS tinggi dan 11 peserta didik memiliki motivasi belajar IPS sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Plumbon 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Disarankan guru dapat lebih memotivasi siswa untuk lebih mengembangkan keterampilan kooperatif atau bekerja sama dalam kehidupan bermasyarakat siswa. Metode pembelajaran picture and picture perlu terus dikembangkan dan diterapkan pada pokok bahasan yang lain dan perlu adanya penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini. Salah satu pembelajaran mungkin dapat diterapkan