Upaya Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Potronayan Boyolali Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Wijayanti, Titin Yulia
Other Authors: Wardani, Naniek Sulistya
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16052
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan motivasi belajar IPS dapat diupayakan melalui model pembelajaran think pair share (TPS) siswa kelas 4 SD Negeri 1 Potronayan Nogosari Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yaitu 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan 3) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri 1 Potronayan Boyolali sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket motivasi belajar IPS. Adapun instrumen penelitian dengan menggunakan butir-butir pernyataan angket motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif yaitu teknik yang digunakan untuk membandingkan jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar IPS tinggi antara siklus 1 dan siklus 2. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar IPS dengan kompetensi dasar mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya yang dapat diupayakan melalui model pembelajaran think pair share (TPS) siswa kelas 4 SD Negeri 1 Potronayan Boyolali semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 terbukti. Hal ini nampak adanya perbandingan motivasi belajar IPS tinggi antara siklus 1 dan siklus 2 yakni 63,33% : 86,67%. Penelitian ini dinyatakan berhasil, yang ditunjukkan adanya 86,67% ≥ 80% dari jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar IPS tinggi, sesuai dengan yang ditetapkan dalam indikator keberhasilan. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk merancang pembelajaran IPS SD dengan menggunakan model think pair share (TPS), sehingga dapat memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar IPS.