Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi: Studi Kasus SMA N 1 Tuntang
Main Author: | Widiyatmoko, Dwi |
---|---|
Other Authors: | Gundo, Adriyanto Juliastomo |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16044 |
Daftar Isi:
- Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas karena di scan lembar pengesahan tidak mencantumkan keterangan tanggal lulus ujian.
- Penggunaan metode pembelajaran konvensional membuat sikap dan minat belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran macromedia flash terhadap aktifitas belajar siswa terhadap mata pelajaran Biologi kelas X SMA N 1 Tuntang Kabupaten Semarang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dan menggunakan model eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aktifitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya visual activities, oral activities, motor activities dan emotional activities siswa dalam mengikuti pembelajaran disbanding kondisi sebelumnya yang hanya menggunakan media pembelajaran konvensional.
- The use of conventional learning methods made learning attitudes and interests of the students was low. This research aimed to find out whether there was influence of media use macromedia flash learning towards student learning activities in the subjects of Biology for the first grader of SMA N 1 Tuntang, Semarang Regency. This research was using descriptive quantitative methods and model experiments. The results showed that the media learning macromedia flash gave significant effects against student learning activities. It could be seen from the increasing of visual activities, oral activities, motor activities and emotional activities of students in learning than the previous conditions which only used the conventional learning media.