Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas 5 SDN Tegalrejo 03 Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Sudiatma, Rachmat |
---|---|
Other Authors: | Khristina R.S., Deasy |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16043 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN Tegalrejo 03 Salatiga rendah karena, dari observasi peneliti terdapat beberapa faktor yang berasal dari siswa adalah siswa bermain sendiri saat proses belajar mengajar berlangsung, siswa kurang tertarik dalam menerima penjelasan materi, siswa sering bercerita sendiri. Sedangkan faktor yang berasal dari guru adalah guru masih menggunakan metode ceramah, guru kurang kreatif dalam membuat dan menggunakan alat peraga, guru belum menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, guru kurang memotivasi interaksi tanya jawab antara guru dan siswa, kurangnya umpan balik antara guru dengan siswa terhadap materi. Untuk memecahkan masalah ini peneliti melakukan sebuah tindakan yakni dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai pelaksana pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus dengan masing-masing 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Tegalrejo 03 Salatiga dengan jumlah 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah untuk data hasil observasi KBM guru dan siswa serta keaktifan siswa dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif sedangkan analisis kuantitatif untuk membandingkan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa siklus I dan siklus II yakni pada siklus I dari jumlah skor 24 siswa pada siklus I adalah 453 dengan rata – rata skor 9,43 dengan katagori keaktifan sedang dan meningkat pada siklus II yakni 24 siswa pada siklus II adalah 530 dengan rata – rata skor 11,04 dengan katagori keaktifan tinggi. Jadi seluruh atau 100% siswa telah mencapai atau melebihi skor rata-rata indikator keaktifan x ≥10 sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti. Peningkatan hasil belajar IPA siswa pra siklus, siklus I, dan siklus II yakni pada pra siklus siswa yang tuntas adalah 9 siswa dengan persentase 37,5%. Pada siklus I siswa yang tuntas adalah 20 siswa dengan persentase 83,3 %. Pada siklus II, siswa yang tuntas adalah 24 siswa dengan persentase 100% yakni seluruh siswa dalam satu kelas telah mencapai nilai KKM (70). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas 5 SDN Tegalrejo 03 Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015.