Perbandingan Tingkat Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model SAVI dan CTL pada Siswa Kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan
Main Author: | Nugrahaeny, Aninda Anggun |
---|---|
Other Authors: | Mawardi, Kristin, Firosalia |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16042 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hasil belajar IPA dengan menggunakan model SAVI dibandingkan dengan model CTL pada siswa kelas V Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini melibatkan dua SD Gugus Ki Hajar Dewantara yaitu SD Negeri 1 Panimbo dan SD Negeri 2 Karanglangu. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 1 Panimbo dan SD Negeri 2 Karanglangu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Analisis perbedaan menggunakan analisis uji t dengan bantuan SPSS 20 for windows, analisis ini digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar IPA yang signifikan dengan menggunakan model SAVI (kelas eksperimen) dibandingkan dengan model CTL (kelas kontrol). Hasil analisis untuk tingkat hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata untuk kelas eksperimen 83,00 dan rata-rata kelas kontrol 74,60 maka rata-rata nilai siswa yang belajar menggunakan model SAVI dengan siswa yang belajar menggunakan model CTL berbeda. Nilai siswa yang belajar menggunakan model SAVI lebih tinggi daripada nilai siswa yang belajar dengan model CTL. Sedangkan hasil uji t sebesar 3,274 dengan angka signifikansi 0,002 (p < 0,05). Hal ini berarti ada perbedaan tingkat hasil belajar IPA yang signifikan dengan menggunakan model SAVI dibandingkan dengan model CTL pada siswa kelas V Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan.