Penerapan Pembelajaran Numbered Heads Together(NHT) Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 di SD Negeri Dadapayam 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Puspita, Riska
Other Authors: Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16033
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 4 SDN Dadapayam 02 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut dikarenakan guru belum menggunakan metode yang menarik dalam proses pembelajaran, belum adanya media yang menarik yang digunakan selama proses pembelajaran, kurangnya pemahaman materi IPA dan kondisi siswa di kelas cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran Numbered Heads Together berbantuan media gambar tentang pokok bahasan memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan pada semester II tahun ajaran 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model dari Kemmis dan McTaggart dengan menggunakan siklus pada setiap siklus ini terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri Dadapayam sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan observasi (observasi aktivitas pembelajaran guru). Adapun instrument penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SDN Dadapayam 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang setelah diterapkan pembelajarn NHT berbantuan media gambar. Hal ini Nampak pada perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa kondisi awal (pra siklus) sebesar 37,5 % meningkat pada Siklus I yakni 75 % pada akhir Siklus II juga terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat menjadi 93,75%. Penelitian dikatakan berhasil karena sudah dapat mencapai indikator kinerja yaitu ≥ 80% siswa tuntas. Hasil penelitian ini disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA SD dengan metode pembelajaran NHT berbantuan media gambar. Siswa diharap mengikuti pembelajaran lebih aktif dan antusias serta sungguh-sungguh melalui metode NHT berbantuan media gambar.