Deskripsi Kesalahan Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Penjumlahan Pecahan Biasa serta Scaffolding Siswa Kelas VII SMP N 2 Tuntang

Main Author: Mubarok, Muchammad Stalist
Other Authors: Yunianta, Tri Nova Hasti
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16031
Daftar Isi:
  • Tidak diijinkan karya tersebut diunggah ke dalam aplikasi Repositori Perpustakaan Universitas.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam soal cerita tentang operasi penjumlahan pecahan dan beserta scaffolding-nya berdasarkan analisis kesalahan menurut Newman. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini mengguanakan kelas VII C SMP Negeri 2 Tuntang sebanyak 3 orang, dengan masing-masing kemampan tinggi, kemampuan sedang, kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara berbasis scaffolding dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemerikasaan keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Instrumen dari penelitian ini diantaranya soal tes beserta soal tambahan. Hasil penelitian diperoleh subjek 1 KT melakukan kesalahan pada transformasi dalam mengubah soal kedalam bentuk matematika, bantuan yang diberikan berupa reviewing pada soal nomor 1. Subjek 2 KS melakukan kesalahan pemahaman langsung menuliskan jawaban soal pada nomor 2, dan kesalahan proses langsung menjumlahkan pecahan tanpa menyamakan penyebutnya pada nomor 3 dan 4, bantuan yang diberikan berupa explaining, reviewing, dan restructuring. Subjek 3 KR melakukan kesalahan membaca informasi utama dalam soal pada nomor 1 dan 2, dan kesalahan pada proses langsung menjumlahkan pecahan tanpa menyamakan penyebutnya terlebih dahulu pada soal nomor 3 dan 4, bantuan yang diberikan berupa explaining, reviewing, dan restructuring. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan subjek adalah kesalahan pada tahap Reading error, comprehension error, transformation error, dan process skill, sedangkan bentuk scaffolding yang diberikan adalah tingkat 2 menurut Anghileri (2006), explaining, reviewing, dan restructuring.