Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Media KIT IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 di SDN Dadapayam 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: Septiandri, Anna
Other Authors: Wahyudi
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/16028
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 5 SDN Dadapayam 02 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut dikarenakan guru belum menggunakan metode yang menarik dalam proses pembelajaran, penggunaan media yang kurang melibatkan siswa secara langsung, juga kurangnya pemahaman siswa yang mendalam mengenai materi IPA, hal ini dikarenakan pada saat proses pembelajaran siswa cenderung duduk diam dan mendengarkan saja. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SDN Dadapayam 02 tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan Metode Inkuiri Berbantuan Media KIT IPA sehingga kurang lebih dapat merubah metode pembelajaran yang selama ini digunakan guru menjadi lebih baik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas jenis kolaboratif dengan mengggunakan model dari Kemmis dan McTaggart, tahapan-tahapan pelaksanaan PTK dilaksanakan dengan langkah perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan (observasi), dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik observasi (observasi aktivitas guru). Adapun instrumen penelitiannya menggunakan butir soal dengan teknik analisis deskriptif komparatif dan lembar observasi yang dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 5 SDN Dadapayam 02 Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini khususnya pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Gaya dan Pesawat Sederhana dapat dilihat dari kondisi awal (prasiklus), pembelajaran Siklus I dan II terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Dadapayam 02. Pada kondisi awal terdapat 10 siswa (42,7%) yang tuntas dan 14 siswa (58,3%) yang belum tuntas. Selanjutnya pada sisklus I terdapat 15 siswa (62,5%) yang tuntas dan 9 siswa (37,5%) yang belum tuntas. Dan pada siklus II terdapat 22 siswa (91,7%) yang tuntas serta masih terdapat 2 siswa (8,3%) yang belum tuntas. Penelitian ini dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 80% siswa yang tuntas belajar. Maka saran dari penulis adalah pembelajaran dengan menerapkan Metode Inkuri berbantuan Media KIT IPA dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar.