Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri Kesongo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Nurdiana, Metalia |
---|---|
Other Authors: | Sadjiarto, Arief |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15959 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini dalam pembelajaran matematika guru masih menggunakan metode konvensional. Selama proses pembelajaran berlangsung teramati hanya beberapa siswa yang kurang memperhatikan saat guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode konvensional. Pembelajaran yang dilakukan siswa belum bisa berfikir kritis dan masih tergantung pada teman maupun guru dalam memecahkan suatu masalah, sehingga peneliti ingin melakukan penelitian dengan menggunakan model Discovery Learning untuk mengetahui hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri Kesongo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experimen dengan design Nonequivalent Control Group. Objek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Kesongo 01. Tehnik penelitian ini dengan menggunakn statistik deskriptif dengan menggunakan taraf signifikansi 5 % (α = 0,05). Hasil Penelitian, diperoleh hasil belajar 75,843 dan 69, 222 dengan uji t menunjukkan taraf signifikansi 0,049 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Maka dapat disimpulkan model discovery learning memberi pengaruh yang positif dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri Kesongo 1 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.