Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri Kesongo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Novita, Serlina |
---|---|
Other Authors: | Ratu, Novisita |
Format: | Thesis application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uksw.edu/handle/123456789/15958 |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran matematika yang masih ditakuti oleh banyak siswa sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Guru harus menggunakan model pembelajaran yang menarik agar siswa tertarik dalam mengikuti pelajaran dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi kesebangunan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Kesongo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang semester II Tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling.Desain penelitian berbentuk kelompok kontrol Pretest-posttest dengan kondisi awal hasil belajar yang sama. Sampel terdiri dari kelas eksperimen (5A) sebanyak 21 siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas kontrol (5B) sebanyak 18 siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yaitu pretest sebagai tes untuk mengetahui kemampuan awal sebelum diberi perlakuan dan posttest sebagai tes untuk mengetahui kemampuan akhir setelah diberi perlakuan. Hasil analisi didapat signifikan 0,048 < 0,05 dengan rata-rata kelas eksperimen 74,05 dan kelas kontrol 67,22. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan model pembelajaran konvensional kelas 5 SD Negeri Kesongo 01 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015.